F.1.1 SISTIM KOORDINAT GAMBAR
A. SISTIM KOORDINAT INVENTOR
1. Sistim Koordinat
2D (Dua Dimensi) terdiri dari Sumbu X dan Sumbu Y.
3D (Tiga Dimensi) terdiri dari Sumbu X, Sumbu Y dan Sumbu Z.
2. Nilai Sumbu
sumbu yang terdapat keterangan X, Y dan Z bernilai positif (+)
sumbu yang tidak terdapat keterangan X, Y dan Z bernilai negatif (-)
3. Bidang (plane)
Perpaduan dari sumbu-sumbu disebut.
1. Create
Line : membuat sebuah garis
Circle : membuat sebuah lingkaran
Arc : membuat sebuah busur
Rectangle : membuat sebuah kotak
Fillet : membuat sebuah radius
Text : membuat sebuah garis
Poin : membuat sebuah titik
2. Modify
Move : memindahkan sebuah objek
Copy : menggandakan sebuah objek
Rotate : memutar sebuah objek
Trim : memotong bagian dari objek
Extend : memperpanjang bagian dari objek
Scale : memperbesar dan memperkecil sebuah objek
Stretch : melebarkan objek pada titik tertentu
Offset : menggandakan objek pada jarak tertentu
1. Perintah Create
Extrude : membuat bentuk 3D dari sketch 2D
Revolve : membuat bentuk 3D dengan bantuan sumbu untuk memutar sehingga terbentuk 3D
Sweep : membuat bentuk 3D menggunakan sketch 2D yang 1 untuk rel dan satunya untuk profil
Loft : membuat bentuk 3D menggunakan sketch 2D pada plane yang berbeda
Coil : membuat bentuk 3D dengan bantuan sumbu untuk memutar sehingga terbentuk 3D di mana sumbu yang dibuat harus terpisah dari profil
2. Perintah Modify
Hole : untuk membuat lubang
Fillet : menghilangkan sudut tajam dari part dengan menghaluskan ujung tersebut
Chamfer : memotong tepi pada tiap part dengan cara mengklik tepinya
Shell : membuat rongga pada part dengan mengklik permukaannya dan menentukan ketebalannya
Thread : membuat ulir pada bagian dalam atau bagian luar silindris
-= TERIMA KASIH =-
Posting Komentar untuk "F.1.1 SISTIM KOORDINAT GAMBAR"